Rutin treatment Totok Aura & creambath kiwi Zaskia Adya Mecca

Mengintip Keseharian Zaskia Adya Mecca Merawat Kecantikan

Seiring dengan kesuksesan sebagai Casting Director film Habibie & Ainun, bisa dibayangkan betapa sibuknya artis cantik Zaskia Adya Mecca. Terlebih lagi ia pun harus mengurus sang suami dan putri tercintanya.  Meskipun demikian, di sela-sela kesibukannya Zaskia masih menyempatkan diri melakukan perawatan totok aura, creambath kiwi, serta masker rambut lidah buaya dan minyak kemiri. Seperti apa?

 

Sebagai Casting Director film Habibie & Ainun, artis cantik Zaskia Adya Mecca sempat dilanda rasa grogi sebelum film laris sebelum diputar perdana di depan awak media baru-baru ini. Tak hanya grogi terhadap respons awak media, namun artis kelahiran Jakarta, 8 September 1987 ini pun mengaku grogi terhadap penampilan kulit serta fesyen yang ia kenakan hari itu. Karena itu satu hari sebelum film perdana, ia telah melakukan persiapan matang, mulai dari mengontak  desainer langganannya Dian Pelangi, hingga planning melakukan perawatan kulit serta rambut yang harus dilakukannya.

Cantik dengan Air Wudhu. Pagi hari selalu menjadi momen favorit Zaskia untuk merawat kecantikan. Tak terkecuali hari itu saat ditemui Info Kecantikan di rumahnya di bilangan Jl. Ampera, Jakarta Selatan. Meskipun masih sangat pagi, namun Zaskia telah tampil cantik dalam balutan T-shirt lengan panjang warna pelangi yang dipandu dengan legging hitam dan kerudung pink.
Sambil menggandeng putri cantiknya yang berusia dua tahun, Kanna Sybilla Bramantyo, ia mempersilakan Info Kecantikan masuk ke dalam rumah.
Sebelum bergegas ke kamar mandi untuk menjalani ritual mandi pagi, Zaskia memilih mempersiapkan segala keperluan mandinya sembari berbincang-bincang dengan Info Kecantikan  seputar rahasia cantiknya di pagi hari. Zaskia mengatakan, bahwa sebagai seorang istri tampil cantik dan menarik di depan suami adalah suatu kewajiban dan ibadah. Karena itulah, wanita yang kini bekerja di balik layar bersama suaminya ini selalu memulai perawatan kecantikan setelah bangun pagi pukul 05.00 WIB.
Setelah bangun pagi, Zaskia bersama sang suami Hanung Bramantyo langsung bergegas ke kamar mandi untuk berwudhu sebelum menunaikan salat Subuh. Meskipun sangat simpel, namun menurut Zaskia ritual wudu yang dilakukannya tersebut sangat berpengaruh terhadap pancaran kecantikannya sebelum memulai beragam aktifitas harian. Karena itu, setelah berwudu dan menunaikan salat Subuh, Zaskia enggan membersihkan kuit wajahnya dengan facial foam. Ia malah serius mempersiapkan segala keperluan suami dan putri kecilnya.

Setelah urusan suami dan putrinya selesai, barulah ia memulai ritual perawatan kecantikan di pagi hari. Dimulai dari meneguk segelas besar air putih yang telah ia persiapkan dari semalam. Agar manfaatnya lebih maksimal bagi kesehatan, air putih tersebut cukup ia teguk ¾ gelas saja.
Sisa seperempat gelasnya lagi langsung ia buang ke wastafel cuci piring.  Pemeran Aqso dan Madina ini mengatakan menurut artikel yang dibacanya, jika air putih tersebut didiamkan semalaman, maka kotoran yang ada pada air tersebut akan turun dan mengendap ke bawah. Karena itu, air putih tersebut cukup diminum ¾ gelas saja dan sisanya langsung dibuang.

Setelah minum air tersebut ia langsung merasa tubuhnya lebih segar dari sebelumnya. Setelah itu, Zaskia mengganti busana dasternya dengan T-shirt, legging hitam dan kerudung pink.

Creambath Kiwi.  Setelah berbincang-bincang seputear perawatan kecantikannya di pagi hari, Zaskia tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk segera menjalani ritual mandi pagi. Tiga puluh menit kemudian barulah Zaskia keluar dari kamar mandi. Selain terlihat lebih segar, rambutnya yang masih berbalut handuk kuning pun mengeluarkan wangi kiwi yang sangat khas.
Karena penasaran Info Kecantikan pun menanyakan seputar wangi kiwi tersebut. Sembari menuju meja riasnya yang terletak di samping kanan tempat tidur, Zaskia mengatakan baru saja melakukan perawatan creambath Kiwi. Zaskia lalu membuka handuk basah yang menyelubungi rambutnya. Karena rambut sangat basah, Zaskia menghidupkan kipas angin besar yang terletak di samping kiri meja riasnya. Tak lama, Zaskia pun terlihat sibuk mengeringkan rambutnya dengan kipas angin tersebut.
Sembari mengeringkan rambut, Zaskia menceritakan alasannya melakukan creambath Kiwi. Menurutnya, sejak memakai jilbab mau tidak mau ia harus rutin merawat rambutnya. Apalagi sebelum memutuskan berjilbab ia mendengar bahwa jilbab akan membuat rambut rontok dan mudah bau karena lembab. Namun, setelah berjilbab ia merasakan jilbab sangat nyaman dan rambutnya juga sehat dan tidak bau, asalkan rambut dirawat dengan baik dan rutin.

Agar rambut tidak bau, bintang film Sang Pencerah ini mengaku keramas setiap hari sebelum melakukan aktifitas harian. Setelah keramas, seminggu sekali Zaskia rutin menjalani perawatan creambath rambut. Untuk yang satu ini, Zaskia menjatuhkan pilihannya pada creambath instan sachet beraroma kiwi yang banyak dijual di pasaran. Alasannya, selain berkhasiat mencegah kerontokan rambut, creambath kiwi tersebut juga memiliki khasiat menjaga keseimbangan, kelembaban, kelembutan, serta kilau rambutnya. Zaskia pun semakin mantap menjatuhkan pilihannya setelah mengetahui sang suami, sutradara Hanung Bramantyo sangat menyukai aromanya. “Mas Hanung senang banget kalau saya creambath pakai kiwi,” ucapnya sambil tersenyum bahagia. Sejak saat itu ia tak bisa berpaling ke creambath yang lain.
Selain creambath dengan kiwi, untuk menjaga keindahan rambutnya Zaskia juga rutin mengoleskan masker lidah buaya dan kemiri. Perawatan ini rutin ia lakukan seminggu sekali. Sebenarnya perawatan masker ini awalnya ia tujukan untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut putri kecilnya. Karena merasa sayang sisa maskernya terbuang percuma, Zaskia pun mengoleskan sisa masker tersebut ke rambutnya. Menurutnya masker lidah buaya dan kemiri bisa membuat rambutnya terlihat lebih hitam dan lebat. Karena merasakan manfaatnya, sejak saat itu Zaskia pun rutin melakukan perawatan masker lidah buaya dan minyak kemiri. Setelah itu, Zaskia menyeruput teh manis hangat yang disediakan oleh pembantu rumahnya.
Berbeda dengan creambath kiwi yang dibeli secara instan, masker lidah buaya dan minyak kemiri ini sengaja ia olah sendiri. Setelah mengambil sehelai daun lidah buaya berukuran besar, Zaskia langsung mencucinya di air mengalir. Selanjutnya, daging lidah buaya ia keluarkan dari kulitnya. Kemudian daging lidah buaya ia oleskan ke kulit kepala dan rambut, lalu didiamkan selama kurang lebih 30 menit agar lidah buaya menyerap ke kulit kepala. Setelah mengering dibersihkan dengan air.
Begitu juga dengan proses pemakaian minyak kemiri. Kemiri yang telah disangrai (dipanaskan di penggorengan tanpa minyak) sampai berubah warna atau menguning, ditumbuk secara halus dan kemudian diambil minyaknya. Minyak kemiri ini lalu ia oleskan ke rambut dan dibiarkan selama kurang lebih 30-60 menit, setelah itu dibilas dengan air bersih. Sambil menyisir rambutnya yang telah kering karena kipas angin, Zaskia mengatakan proses perawatannya simpel dan tidak memakan banyak waktu.

Totok Aura. Setelah memastikan rambutnya benar-benar kering, Zaskia terlihat sibuk memilih jilbab yang pas yang ia kenakan untuk acara launching film nanti. Berhubung pilihannya sangat banyak, Zaskia terlihat sedikit kebingungan. Kebingungan tersebut langsung reda saat sahabatnya, desainer busana muslimah Dian Pelangi muncul disampingnya. Dibantu oleh sang sahabat yang membawakan busana batik bercorak hitam merah bata dengan bawahan rok hitam yang akan dikenakan siang nanti, Zaskia mantap menjatuhkan pilihan pada jilbab hitam dengan dalaman merah bata.
Selesai dengan urusan jilbab dan busana, Zaskia kembali menuju ke meja rias. Setelah duduk di kursi, Zaskia memperhatikan tampilan kulit wajahnya yang terlihat bersih berkat penggunaan facial foam keluaran Ponds. Yakin kulitnya telah bersih, ia mengambil sun block SPF 50 dari laci meja rias. Setelah membuka tutupnya, ia langsung menuangkan sedikit isinya ke telapak tangan lalu mengoleskan secara merata ke area kulit wajahnya.

Meskipun perawatan kulit wajah yang Zaskia lakukan sangat sederhana, namun perawatan tersebut cukup membantu mempertahankan kelembaban serta kecerahan kulit wajahnya yang berjenis normal cenderung sensitif. Terlebih lagi, selama tidak bersentuhan dengan kosmetik yang berlebihan, kulit wajahnya sangat jarang dihinggapi oleh masalah jerawat. Menurutnya karena tidak bermasalah, maka perawatan cukup sederhana saja. Baginya yang penting perawatan tersebut bisa membuat kulit menjadi sehat, lembab, serta bebas dari jerawat.
Walau demikian, seiring dengan usia yang semakin bertambah, Zaskia sadar membutuhkan perawatan kulit wajah yang lebih dari sekedar pembersih kulit wajah dan sun block. Karena itu di sela-sela kesibukannya seminggu sekali ia meluangkan waktu untuk menjalani perawatan kulit wajah di Dian Kenanga, Pejaten, Jakarta Selatan, yang kebetulan tak jauh dari kediamannya.

Menurutnya, dengan rutin melakukan totok aura, Zaskia merasa kulit wajahnya terlihat semakin cerah. Selain untuk wajah, totok aura juga membuat tubuhnya fit dan segar kembali. Ia pun mendapatkan energi baru yang membuat tubuhnya terasa sehat dan bersemangat.

Make up Minimalis. Setelah bercerita seputar perawatan kulit wajah totok aura yang sering ia lakukan, Zaskia terlihat sibuk mencari tas make up yang lupa ia letakkan dimana. Sambil menunjuk meja riasnya ia mengatakan kemarin siang tasnya diletakkan di meja rias. Ia pun memanggil pembantu rumahnya untuk membantu mencari dan 10 menit kemudian tas make up ditemukan di karpet ruang tamu. “Sepertinya diambil Sybil untuk dijadikan mainan,” ucapnya sambil mengelus kepala sang putri dengan kasih sayang, kemudian sambil menggendong Sybil ke kamar tidurnya. Sesudah itu, ia kembali ke meja rias untuk meneruskan make up-nya.
Tak lama, Zaskia terlihat sibuk memoles kulit wajahnya dengan riasan minimalis. Dimulai dari pengolesan foundation merek Wardah secara merata di area wajah, lalu mengoleskan shading, kemudian bedak tabur merek yang sama. Agar tampilan matanya tampak lebih bersinar, setelah pengolesan bedak tabur, ia memulaskan eye shadow dan eye liner warna hitam di bagian sudut matanya. Agar lebih serasi, dengan teliti Zaskia mengoleskan maskara merek yang sama ke area bulu matanya.
Karena ingin menyantap makanan sehat sebelum acara launching nanti, Zaskia memilih menunda memoleskan lipstik merah jambu ke area bibirnya, lalu ia bergegas ke meja makan. Pada pagi menjelang siang itu ia ditemani oleh putri kecilnya, Info Kecantikan dan desainer langganannya menyantap hidangan yang telah tersedia. Menu sarapan pagi itu terdiri atas satu mangkuk besar sayur bayam rebus, ayam goreng mentega, sepiring kecil irisan dadar telur. Sembari menyantap hidangannya dengan lahap, Zaskia berbagi cerita ringan dengan Info Kecantikan dan sang desainer.
Dua puluh menit sesudah itu, tepat saat jarum jam menunjukkan pukul 11.30 WIB, Zaskia minta diri untuk mengganti busana rumahnya dengan busana rancangan sang desainer langganan, Dian Pelangi. Lima belas menit setelah itu, Zaskia kembali muncul dengan penampilan yang sangat memukau. Balutan rok hitam, dalaman kaus hitam, berpadu dengan blazer batik warna merah bata, serta atasan jilbab hitam berpadu dengan dalaman jilbab merah bata, membuat penampilan pemeran film Sang Pencerah tersebut terlihat begitu memesona.

Untuk melengkapi penampilannya, Zaskia memadukan busananya dengan sepatu wedges  warna putih susu dan hand bag branded warna merah bata. Setelah yakin semuanya sudah memuaskan, Zaskia berpamitan dengan putri kecilnya yang ia titipkan pada ibunya di rumah. Selanjutnya barulah ia menuju mobil yang telah terparkir di depan rumah. Sambil mengucapkan kata salam, kepada sang driver, Zaskia duduk manis di deretan bangku tengah mobil SUV-nya.
Tak terasa perjalanan dari rumah di bilangan Ampera ke lokasi launching film yang terletak di daerah Senayan, Jakarta Selatan memakan satu jam lamanya. Setiba di tempat yang dituju, Hanung sang suami yang telah tida dari tadi pagi langsung menyambut kedatangan istri tercintanya. Dengan bergandengan tangan, sejoli ini pun langsung naik lift menuju tempat perhelatan pemutaran film Habibie & Ainun.

Susu Pembersih. Setelah beramah tamah dengan para pemeran sekaligus para kru yang terlibat dalam pembuatan film tersebut, Zaskia yang hari itu mendapatkan tugas membagikan tiket gratis kepada para sahabat tersebut terlihat sibuk membetulkan tata rias wajahnya di ruangan khusus VIP yang khusus disediakan untuk para kru film. Dengan menggunakan bantuan sebuah cermin berukuran 50 cm x 40 cm yang selalu ia bawa di dalam tasnya, ia terlihat sibuk memoles lipstik merah jambu yang lupa ia oleskan di rumah.
Sepuluh menit setelah itu, barulah Zaskia berjalan keluar ruangan untuk berjumpa dengan para sahabat yang belum kebagian tiket nonton. Meskipun sederhana, rupanya job desc membagikan tiket gratis kepada para sahabat tersebut sangat menyita waktunya. Setelah sibuk hilir-mudik di ruangan bioskop super luas tersebut selama berjam-jam, barulah tepat pukul 20.30 WIB, Zaskia selesai menjalankan tugasnya. Sebagai penutup acaranya malam itu,  Zaskia beserta sang suami memilih untuk menyaksikan langsung euforia pemutaran film tersebut.

Dua jam setelah itu, barulah sejoli ini keluar dari gedung bioskop. Sambil berjalan ke arah lapangan parkir, sejoli tersebut terlihat begitu bahagia dengan hasil kerja keras mereka dalam mematangkan film tersebut. Tepat pukul 22.00 WIB, mobil yang mereka tumpangi sampai di depan rumahnya. Rasa kangen terhadap putrinya, membuat Zaskia dan suaminya ini memilih untuk turun di depan rumah, dan menyerahkan tanggung jawab parkir mobil kepada supirnya. Sampai di dalam rumah, ia dan suami memilih untuk langsung menuju kamar putrinya. Sambil memandang sang putri yang telah terlelap tidur, Zaskia dan Hanung mencium putri kecilnya dengan penuh kasih sayang.

Tak lama, pasangan ini langsung menuju kamar tidur untuk membersihkan kulit wajah dan tubuh. Berbeda dengan Hanung yang memilih membersihkan tubuhnya di kamar mandi, sesampai di kamar tidurnya Zaskia kembali menuju meja rias. Setelah mengambil kapas wajah, Zaskia terlihat sibuk menghapus make up dengan susu pembersih dan toner. Setelah bersih, barulah ia membasuh kulit wajahnya di wastafel kamar tidurnya.

Dengan menggunakan sabun pembersih keluaran Ponds, secara terampil Zaskia mulai mengoleskan facial foam secara merata di area kulit wajahnya. Agar hasilnya lebih maksimal, ia tak lupa melakukan massage ringan di area kulit wajah. Selesai massage, Zaskia membasuh kulit wajahnya dengan air bersih yang mengalir dari wastafel kamar tidurnya.

 

(source: Info Kecantikan Ed. 07 17-Jan-2013 Hal. 16-17)

Dengan label:
Tersimpan di News