Manfaat TEH Basi Untuk Kecantikan

SELAIN dikenal dengan minuman yang mempunyai kadar kafein rendah, teh juga sudah dikenal sebagai minuman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Itulah yang menjadi alasan, mengapa teh banyak dikonsumsi oleh masyarakat semua kalangan usia, terlebih lagi cara pembuatannya yang mudah.
Tak hanya teh segar yang mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, menariknya teh basi juga masih dapat digunakan untuk diambil manfaatnya. Namun, teh basi yang bisa digunakan untuk diambil manfaatnya hanya teh yang dibiarkan semalaman, bukannya teh yang sudah dibiarkan selama berhari-hari. Teh basi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, karena hanya diperbolehkan untuk digunakan saja, seperti untuk perawatan wajah dan perawatan rambut.
Agar tidak semakin penasaran, sebaiknya ketahuilah manfaat teh basi untuk kecantikan kulit wajah berikut ini. Sesuai dengan apa yang dikutip dari wesehat.com, inilah manfaat teh basi untuk kecantikan alami.
atasi-masalah-jerawat-dengan-minum-teh-hijau
1. Mencerahkan Kulit Wajah
Sebelumnya telah diketahui bahwa di dalam teh terdapat kandungan vitamin E, meskipun teh tersebut sudah basi namun kandungan vitamin E di dalamnya tetap ada. Kandungan vitamin E tersebut dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Caranya, cukup gunakan ampas teh yang sudah didiamkan selama semalaman sebagai masker wajah.

2. Menghilangkan Mata Panda

Mata panda merupakan istilah yang digunakan untuk kantong mata yang berwarna hitam. Biasanya, masalah mata panda disebabkan oleh kebiasaan begadang, terlalu lama berada di depan monitor dan bisa juga disebabkan karena sudah menangis semalaman. Untuk menghilangkan mata panda dapat dilakukan dengan menggunakan teh basi, caranya adalah mencelupkan wajah ke dalam air teh basi dengan mata melek atau mata yang terbuka.

3. Menghaluskan Kulit Wajah
Selanjutnya, teh basi juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah yaitu dengan menggunakan teh yang sudah dibiarkan semalaman untuk mencuci muka di pagi hari, setelah bangun tidur.

4. Mengencangkan Kulit Wajah
Tak hanya mempunyai kemampuan untuk menghaluskan kulit wajah, teh basi yang digunakan untuk mencuci muka secara teratur agar wajah menjadi lebih kencang dan terlihat lebih awet muda.

5. Mengatasi Jerawat
Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang dianggap sangat menjengkelkan karena dapat menganggu penampilan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat adalah menggunakan teh yang sudah basi, caranya adalah menempelkan kantung teh celup yang sudah direndam semalaman di atas jerawat, diamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

6. Mengatasi Rambut Rontok
Permasalahan rambut rontok jika dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan kebotakkan rambut di usia muda. Jika tidak mau hal tersebut terjadi, sebaiknya lakukan perawatan rambut. Salah satu caranya, yaitu dengan mengoleskan teh basi yang sudah digunakan semalaman pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut

7. Melembabkan Rambut
Teh basi atau teh yang sudah didiamkan semalaman juga dapat digunakan untuk melembabkan rambut, sehingga rambut terbebas dari masalah, seperti rambut yang terlalu kering, kusut dan susah untuk diatur

8. Mengatasi Ketombe
Masalah ketombe disebabkan karena kulit kepala terlalu kering dan kurang ternutrisi dengan baik. Untuk menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan membasuhkan air teh basi ke kulit kepala dan memijatnya agar meresap, kemudian bilaslah dengan keramas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah secara teratur maksimal 3 kali dalam seminggu. Namun, pastikan untuk menggunakan teh basi murni (tawar), yang tidak tercampur bahan lainnya seperti gula, madu maupun lemon. Jika ingin membuat teh basi untuk merawat wajah dan rambut, sebaiknya masukkan teh ke dalam tempat yang tertutup seperti teko agar teh tersebut tidak terkontaminasi dengan kotoran, kuman, virus dan bakteri. Sebelum menggunakannya, pastikan untuk mengaduknya terlebih dahulu

sumber: http://mistercufflink.com/manfaat-teh-basi.html

Tersimpan di News