Manfaat Jus Buah Naga Bagi Tubuh

Buah yang bentuknya mirip dengan nanas ini memiliki 4 macam jenis yang berbeda, yakni Hylocereus Undatus, Hylocereus Polyrhizus, Selenicereus Megalanthus, Hylocereus Costaricensis. Yang membedakan ke-4 jenis tersebut hanya warna kulit dan dagingnya.
Hylocereus Undatus memiliki kulit berwarna merah sedangkan bagian dagingnya putih. Hylocereus Polyrhizus hampir mirip dengan jenis yang pertama tapi kulitnya berwarna lebih muda dan memiliki daging berwarna merah.
Kulit Selenicereus Megalanthus berbeda dengan kedua jenis buah naga di atas karena berwarna kuning, tapi dagingnya berwarna putih. Dan jenis yang terakhir yaitu Hylocereus Costaricensis memiliki daging buah yang sangat merah.

Setelah kita membahas jenis-jenis buah naga, pasti selanjutnya anda ingin mengetahui apa saja kandungan dan manfaatnya untuk kesehatan. Mari kita kupas bersama apa saja kelebihan dari buah yang satu ini.
temukan-manfaat-buah-naga-yang-sarat-nutrisi-alodokter

1. Mempercepat Penyembuhan Luka/Memar
Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga jika anda memiliki luka/memar pada tubuh perbanyaklah memakan buah naga agar proses penyembuhannya berlangsung dengan cepat.
2. Memperkuat Tulang dan Gigi
Kandungan kalsium pada buah naga dapat memperkuat tulang dan gigi. Tak hanya kalsium di dalam buah naga juga terdapat fosfor yang hampir sama manfaatnya dengan kalsium. Untuk mencegah osteoporosis buah naga sebaiknya sering-sering dikonsumsi.
3. Mengurangi Masalah Pada Pencernaan
Jika anda mengalami sembelit dan gangguan pencernaan yang lainnya mungkin mengkonsumsi buah naga adalah solusi yang tepat karena buah naga mengandung serat yang cukup banyak. Serat mampu menyerap air ketika melewati saluran pencernaan, dan bisa mengecilkan ukuran feses agar mudah dibuang nantinya.
4. Menambah Nafsu Makan
Untuk anda yang kesulitan menambah berat badan, buah naga menjadi pilihan yang cocok untuk melengkapi asupan makanan anda. Kenapa begitu? karena buah naga memiliki kandungan B1 dan B2 yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda serta menambah nafsu makan anda
5. Baik Untuk Mencegah Diabetes
Selain vitamin C yang tinggi, buah naga juga memiliki kandungan beta karoten dan karbohidrat. Ini sangat baik untuk anda penderita diabetes atau untuk yang sedang melakukan pencegahan pada penyakit tersebut.
Buah naga dapat menurunkan kadar gula. Tak hanya kadar gula, buah naga juga dapat menurunkan kolesterol.
6. Mencegah Kanker
Hampir semua buah mempunyai peran penting untuk pencegahan pada kanker salah satunya buah naga. Zat fitokimia pada buah naga dapat mengurangi resiko pada kanker. Di setiap tumbuh-tumbuhan terdapat zat fitokimia, fitokimia merupakan zat kimia alami.
Dapat kami simpulkan bahwa kesehatan mahal harganya, tapi kita seringkali mengabaikan itu dan menganggap manfaat buah-buahan sangat kecil dampaknya pada tubuh padahal itu tidak benar. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat Mencoba 🙂

Tersimpan di News