Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Salah satu kegiatan sosial yang dapat digunakan untuk membantu sesama adalah dengan melakukan donor darah. Melakukan donor darah merupakan sebagian contoh kecil untuk membantu sesama tanpa uang atau materi. Meskipun hanya memberikan satu liter darah secara rutin dan berkala, tetapi hal tersebut sangat berguna untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Namun, jika diulas lebih jauh lagi ternyata donor darah tak hanya bermanfaat bagi penerima donor saja tetapi juga memberikan banyak manfaat dibidang kesehatan untuk pendonornya.
Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mendonorkan darah adalah sebagai berikut, berdasarkan informasi yang diambil dari situs firman-telaumbanua-famika-pasca11.web.unair.ac.id. Adapun diantaranya adalah :

fimela1

1.Mencegah Resiko Terkena Penyakit Jantung
Perlu diketahui bahwa sebenarnya penyakit jantung bisa disebabkan kerena tubuh memiliki kelebihan zat besi di dalam darah. Zat besi dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya oksidasi kolesterol sehingga dapat membuat tubuh rentan terkena serangan jantung, oleh karena itu mendonorkan darah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung.

2.Menambah Produksi Sel-sel Darah Merah
Jangan pernah beranggapan bahwa dengan melakukan donor darah dapat menyebabkan produksi sel-sel darah merah menjadi berkurang karena hal itu tidaklah benar, mendonorkan darah justru dapat menambah produksi sel-sel darah merah melalui sumsum tulang belakang yang terus mengisi sel darah merah yang telah hilang.

3.Menurunkan Berat Badan
Mendonorkan darah juga berguna untuk menurunkan berat badan karena dengan memberikan darah sekitar 450 ml sama halnya membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 gram, sehingga cocok untuk dilakukan oleh orang yang menderita obesitas atau kegemukan.

4.Menjadi Lebih Prima, Bugar dan Berenergi
Apabila rutin untuk terus melakukan donor darah, seseorang akan terus lebih segar, bugar, lebih prima dan lebih berenergi meskipun sudah lanjut usia. Hal ini disebabkan karena sel-sel tubuh terus memperbaiki kinerjanya dalam memproduksi sel darah merah yang hilang.

Namun, sebelum mendonorkan darah pastikan agar pembaca mengerti persyaratan yang harus dimiliki untuk donor darah. Dari situs pmidkijakarta.or.id, inilah persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pendonor darah.

– Memiliki kesehatan jasmani dan rohani
– Memiliki usia 17 – 65 tahun dengan berat badan minimal 45 kg
– Memiliki tekanan darah sistole, 100 – 170 dan tekanan darah diastole 70 – 100
– Mempunyai kadar hemoglobin mulai dari 12,5g% sampai dengan 17,0g%
– Interval donor dilakukan minimal 12 minggu atau 3 bulan setelah melakukan donor darah sebelumnya
– Tidak menderita penyakit serius
– Tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang Palang Merah Indonesia, “Syarat untuk Menjadi Donor Darah”

Selamat Mencoba Donor Darah 🙂

Tersimpan di News