Beberapa Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Kesibukan yang padat, minimnya waktu dan rasa malas biasanya dijadikan sebagai alasan untuk meninggalkan sarapan. Padahal, meninggalkan sarapan dapat menimbulkan masalah yang serius khususnya di bidang kesehatan. Hal ini disebabkan karena sebelum beraktivitas, tubuh memerlukan asupan nutrisi agar tidak merasa lemas dan cepat lelah ketika melakukan aktivitas. Terlebih lagi, gizi yang didapatkan dari sarapan juga dapat membantu meningkatkan kinerja otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi ketika bekerja atau saat melakukan aktivitas lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi sumber energi dan nutrisi dengan membiasakan sarapan atau makan pagi setiap hari sebelum melakukan aktivitas. Menurut resepkita.com, inilah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan membiasakan untuk sarapan setiap hari. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut :
07348c559e1cf1491ce3c3a46b290cbb

Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan:

1. Memberikan Kelebihan Energi
Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, kebiasaan sarapan dapat memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, kegiatan sarapan akan memberikan energi dalam jumlah lebih sehingga dapat membuat tubuh tetap fit saat beraktivitas.

2. Membuat Otak Menjadi Lebih Segar
Selain dapat memberikan nutrisi untuk tubuh, membiasakan sarapan setiap hari juga dapat menutrisi otak sehingga otak dapat berpikir dengan baik dan cepat, otak menjadi tidak cepat lelah serta dapat meningkatkan konsentrasi ketika berpikir.

3. Menyehatkan Seluruh Tubuh
Membiasakan untuk sarapan pagi dapat membuat tubuh terhindar dari kolesterol jahat karena gizi sarapan mampu mendorong metabolisme tubuh sehingga produksi enzim yang dihasilkan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

4. Mencegah Resiko Terkena Penyakit Maag
Membiasakan untuk bersarapan pagi setiap hari dapat terhindar dari penyakit maag. Hal ini disebabkan karena lambung akan terisi oleh makanan saat melakukan aktivitas sehingga terhindar dari resiko terkena penyakit maag.

5. Menghindari Kebiasaan Makan yang Tak Terkontrol
Dengan sarapan akan membuat tubuh merasa kenyang sehingga akan terhindar dari kebiasaan makan yang tidak terkontrol. Apabila tidak sarapan, maka di siang hari tubuh akan merasa sangat lapar sehingga akan memperbanyak mengkonsumsi makanan dan camilan yang menyebabkan obesitas.

Kebiasaan sarapan tak hanya perlu dilakukan oleh orang dewasa saja karena kebiasaan sarapan juga penting diterapkan pada anak-anak. Masa anak-anak merupakan masa perkembangan dan pertumbuhan sehingga mereka memerlukan jumlah energi dan nutrisi dalam jumlah yang cukup. Dengan membiasakan anak-anak untuk sarapan setiap hari, juga dapat menjadi kebiasaan mereka hingga tua nanti.

sumber: http://mistercufflink.com

Tersimpan di News