10 Khasiat & Manfaat Bandrek Untuk Kesehatan

Bandrek adalah sebuah minuman tradisional yang diramu menggunakan bahan-bahan tradisional tanpa adanya campuran bahan kimia. Jawa Barat adalah provinsi yang mempelopori lahirnya minuman berkhasiat bagi kesehatan ini. Sampai sekarang banyak, masyarakat desa maupun kota yang mengkonsumsi minuman ini sebagai penambah tenaga. Baik itu kaula anak-anak, muda, dan tua cocok diminum, apalagi dikonsumsi saat musim dingin. Karena apa? Karena banyaknya manfaat bandrek yang dapat anda peroleh dari minuman tradisional ini.Tidak ada efek samping yang dihasilkan dari minuman ini, melainkan efek ketagihanlah yang akan dirasakan. Berikut 10 khasiat minuman bandrek:
ban
Manfaat dan Khasiat Bandrek
1. Melawan Penyakit Kanker
Banyak orang yang beranggapan bahwa kandungan cengkeh di dalam bandrek tidak mampu melawan penyakit kanker. Namun, berdasarkan penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa cengkeh di dalam bandrek dapat membantu mencegah kanker, terutama pada kulit, saluran pencernaan, dan paru-paru.
2. Mengobati Sakit Gigi
Kandungan minyak cengkeh yang terdapat pada bandrek mampu bermanfaat untuk mengobati atau sakit gigi. Selain itu, berdasarkan penelitian berskala yang dilakukan, kandungan minyak cengkeh juga bermanfaat sebagai analgestik atau sebagai obat penahan rasa sakit.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Hal ini terjadi, karena terdapat kandungan jahe yang bekerja sebagai pelebar pembuluh darah dan perangsang pelepasan hormon adrenalin. Dengan itu, darah akan dapat mengalir lebih baik dan meringankan tugas jantung dalam mempompa darah.
4. Menghangatkan Suhu di Tubuh
Bandrek memiliki sifat menghangatkan, karena di dalamnya terkandung kandungan jahe. Jadi disaat hari hujan atau sedang musim hujan, sangat cocok bila mengkonsumsi minuman ini. Apalagi diselingi dengan makanan kecil seperti pisang bakar atau ubi cilembu. Hmm makin segeeer dah nongkrongnya.
5. Mencegah Radang (Inflamasi)
Kandungan Flavanoid yang terdapat pada cengkeh di dalam bandrek, bermanfaat sebagai pencegah inflamasi sehingga berguna bagi penderita penyakit rematik. Selain itu, cengkeh juga bisa digunakan sebagai ekspektoran dalam mengatasi berbagai permasalahan pada saluran pernafasan.
6. Mematikan Patogen Asing
Di dalam bandrek terkandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga tubuh akan terlindungi dari beberapa serangan penyakit. Saat sistem imun lemah, maka tubuh akan ikut lemah juga, sehingga penyakit akan mudah merasuki tubuh. Dengan rutinnya mengkonsumsi minuman ini, radikal bebas ataupun patogen asing akan disikat habis ketika ingin mencoba masuk ke dalam tubuh.
7. Mengatasi Masuk Angin
Masuk angin bukanlah salah satu dari bagian nama penyakit, masuk angin terjadi bilamana kondisi tubuh sedang merasakan kelelahan yang terlebih. Dengan sifat kehangatan yang terdapat pada bandrek, dapa membantu mengobati masuk angin.
8. Mencegah Perut Kembung
Perut kembung adalah kondisi dimana perut tidak dapat mengeluarkan gas beracun dari belakang. Bandrek akan secara alami mengatasi permasalahan ini. Sifatnya yang menghangatkan dan mampu untuk membuka perut untuk membuang angin, sehingga perut sudah tidak kembung lagi.
9. Mengobati Rematik dan Pegal Linu
Disaat anda menderita pegal linu, lebih baik minum ini saja yang secara garis besar merupakan obat alami dibandingkan obat-obat yang dijual di toko yang sudah dicampur dengan unsur-unsur kimia. Kenikmatan akan terasa, saat bandrek akan memijat-mijat tubuh anda dengan lembut dan penuh kehangatan.
10. Mencegah Tersumbatnya Pembuluh Darah
Kandungan Gingerol pada jahe yang bersifat antikoagulan, dapat membantu mencegah terjadinya penggumpalan pada darah. Sehingga akan bermanfaat mencegah tersumpatnya pembuluh darah, pembuluh darah yang tersumbat akan memicu anda menderfita penyakit yang mematikan seperti serangan jantung, dan stroke.
Demikian minuman tradional yang kaya akan khasiat untu tubuh, selamat mencoba.

Tersimpan di Gallery, News